Minggu, 19 Juli 2015

SDIT AHMAD YANI TERUS MAJU



7 KIAT KEUNGGULAN SMK MUHAMMADIYAH 7 GONDANGLEGI KOTA MALANG
Mari belajar dari sekolah hebat
#SDIT AHMAD YANI MALANG

            Pertama, merekonstruksi mindset. Hal mendasar yang dilakukan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi adalah mengubah dan merekonstruksi mindset (pola pikir) penghuni sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, guru, karyawan, peserta didik. mindset pengelola sekolah yang positif akan melahirkan sikap dan budaya kerja yang penuh prestasi. Dengan pola pikir yang positif, pantang untuk berkeluh kesah apalagi berpangku tangan menunggu keajaiban hanya berbekal keunggulan posisi sekolah dan tanpa ada usaha dari semua pihak.
            Kedua, penguatan kompetensi kepala sekolah. percepatan dan pertumbuhan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi tak lepas dari sang nahkoda yakni kepala sekolah yang memiliki kompetensi standar sebagai kepala sekolah dan memiliki nilai lebih (bermutu). Permendiknas no.13 Tahun 2007 tentang standar kepala sekolah yakni kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervise, dan sosial semua terpenuhi dan memiliki nilai tambah.
            Ketiga, mengembangkan Rencana Strategik Sekolah. mindset kepala sekolah beerta PTK dan peserta didik yang sudah positif didukung oleh kepala sekolah yang bermutu maka rencana strategic dalam jangka tertentu perlu dibuat. Agar supaya mudah dikontrol kemajuan serta pencapaian sekolah dalam jangka waktu tertentu. Agar sesuai harapan wali peserta didik, SMK Muhammadiyah melakukan analisis SWOT, kekuatan dan kelemahan sekolah apa saja kemudian dicarikan solusi untuk menjawab keinginan pelanggan (wali peserta didik).
            Keempat, meningkatkan kualitas SDM. Sejak 2009, SMK Muhammadiyah 7 dengan kondisi sekolah yang belum maju, tanpa bermaksud mencari kambing hitam maka secara sadar, serius, dan sungguh-sungguh membenahi SDM guru dan karyawan. Dimulai dari diri sendiri. guru senantiasa berusaha hadir ke sekolah, masuk kelas dan mengakhiri pelajaran tepat waktu. Serius menyiapkan kelengkapan dokumen pelajaran mulai dari dokumen panduan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut. Guru senantiasa diingatkan bahwa yang mereka hadapi adalah peserta didik hebat, para generasi muda bangsa yang hebat sehingga harus sungguh-sungguh dan jangan tampil ala kadarnya. Program yang menarik dari sekolah ini adalah Morning Spiritual Gathering (MSG) yakni 30 menit sebelum PBM berlangsung seluruh PTK mengikuti pengajian pagi disamping juga menambah pengetahuan AL-Islam juga mengontrol kesiapan PTK. Hal tersebut dilakukan dan sangat berperan dalam mengurangi tingkat keterlambatan PTK. Di SMK Muhammadiyah 7 para guru dan karyawan hukumnya wajib ‘ain datang lebih dahulu sebelum peserta didik.
            Kelima, memacu kinerja PTK. Program yang dibuat oleh SMK Muhammadiyah 7 adalah penilaian kinerja PTK yang standard dan terbuka. Misalnya MSG 10%, kehadiran 30%, tugas pokok 40%, kegiatan sekolah 10%, dan penilaian peesrta didik 10%. Total 100%. Pada akhir bulan print out kinerja disampaikan kepada PTK. Pada akhir tahun pelajaran ada progress report kinerja PTK bulanan dan direkapitulasi sehingga dikonversi menjadi nilai A(memuaskan) B (baik) C (cukup) D (kurang) E (sangat kurang). Selanjutnya hasil tersebut dijadikan dasar dalam pemberian reward dan punishment. Pada rapat evaluasi akhir tahun pelajaran diumumkan kinerja terbaik (teladan) pada masing2 unit kerja. Pemberian ucapan selamat, sertifikat, kenaikan honor, hadiah, studi banding luar negeri serta promosi jabatan diberikan sebagai reward . sebaliknya bila performa PTK buruk diberi punishment berupa teguran, peringatan, pengurangan jam mengajar (tidak peduli sudah sertifikasi), tidak ada kenaikan insentif, bahkan dibebastugaskan.
            Keenam, mempertajam lini promosi. Promosi cerdas dipilih oleh SMK Muhammadiyah 7, tidak sekedar memasang spanduk dan baliho di jalan, akan tetapi dengan pertimbangan yang matang.memiliki peta customers serta melibatkan seluruh potensi yang dimiliki sekolah. membentuk guru-guru coordinator, mengadakan promosi, presentasi, serta layanan dan pengobatan gratis untuk warga sekolah dan masyarakat, serta masih banyak strategi lainnya.
            Ketujuh, menjalin kerjasama. Sekolah hebat salah satunya dapat dilihat dari kualitas dan kuantitas kerjasama yang dibangun dengan institusi dalam dan luar negeri. SMK Muhammadiyah 7 membangun kerjasama dari regional hingga luar negeri. Hal terpenting dalam kerjasama ini adalah mempercepat proses pertumbuhan dan perkembangan institusi.
            Dari ketujuh kiat yang diberikan oleh SMK Muhammadiyah 7 tersebut diatas. SDIT Ahmad Yani diharapkan mencoba untuk melihat, meniru, dan menambah dari apa yang telah dilakukan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Sehingga percepatan yang terjadi di SDIT Ahmad Yani diharapkan dalam jangka 5 tahun, 20 jaminan mutu yang ditawarkan sekolah dapat terlaksana kesemuanya serta menjadi sekolah unggulan di Kota Malang.  Amin.. Fastabiqul Khoirot,,, JIa You….*#&$&#

Malang, 20 Juli 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar